SELAMAT DATANG

SELAMAT BERSELANCAR DI BLOG FORGEMA

Radio Suara-forGEMA

Klik Play Untuk Mendengar Radio Ende -->

Minggu, 11 November 2012

RENCANA REVITALISASI SITUS BUNG KARNO DI ENDE



Minggu, 11 november 2012
Oleh: Marlin Bato

Kemarin, sabtu 10 november 2012, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan "Focus Group Discussion Diseminasi Draft Master Plan Kawasan Bersejarah Bung Karno Di Ende" di hotel Ibiis Arcadia Jl. KH. Wahid Hasyim Jakarta Pusat.

Acara tersebut Dihadiri oleh Staff khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Menkokesrah, Menparekraft, Staff Museum Arsip Nasional, Yayasan Ende Flores, Ikatan Alumni Ndao Jakarta (ILUNDA), Komunitas Wuamesu Jakarta serta Forum Generasi Muda Ende Jakarta (FORGEMA) dan kalangan akademisi dari Universitas Indonesia serta Universitas Gajah Mada.

Dalam diskusinya, salah satu staff Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Djoko R) memaparkan sejumlah rencana strategis dan pengembangan kawasan cagar budaya Bung Karno di Ende menjadi kawasan wisata budaya skala internasional.

Namun beliau mengeluhkan mencuatnya issu bahwa ada sejumlah oknum warga Kab. Ende yang memanfaatkan rencana tersebut untuk mematok lahan-lahan mereka dengan nilai ganti rugi sebesar Rp. 5 juta permeter. Ia berharap semoga hal ini tidak terjadi agar rencana revitalisasi situs Bung Karno di Ende berjalan dengan baik.

Sejumlah arsitek terbaik dikerahkan juga untuk membantu merancang proyek ini. Taufik Rahman, salah satu budayawan yang hadir di acara tersebut mengemukakan agar rencana revitalisasi tersebut tetap mengacuh pada kearifan lokal masyarakat Ende Lio, seperti corak dan arsitektur bangunan yang akan dirancang sehingga tidak menghilangkan keasliannya.

Taufik Rahman berharap agar masyarakat lingkar kawasan situs Bung Karno turut terlibat dan berperan aktif membantu, termasuk memberikan sumbang saran dan mengawal kalancaran proyer besar tersebut.

Info.JKT/RED

Tidak ada komentar: